^INDRA^ On Minggu, 07 November 2010 0 Comments

  • langkah pertama yaitu mendiagnosa hardware yang digunakan dalam jaringan,yaitu LAN Card/NIC (Network Interface Card)
    dengan cara : Klik kanan pada My Computer -> pilih properties -> klik tab Hardware -> klik       Device Manager
  • Apabila NIC sudah terinstall/terpasang jika tidak ada tanda tanya/seru pada iconnya! Dan seandainya terdapat tanda tanya pada iconnya maka kita perlu menginstall ulang driver NIC kita,agar bisa berfungsi kembali
  • Langkah selanjutnya yaitu mengecek kabel yang terpasang pada komputer dan switch/hub. Agar dapat terkoneksi antar 1 komputer dgn komputer lainnya, yang terhubung dengan kabel.maka dari itu  kita harus sering-sering mengecek kondisi kompter kita,secara berkala, yang terpenting adalah mengecek kabel colokan antara komputer ke modem
  • Salah satu tanda, jika sambungan kabel ke modem tidak ada gangguan adalah dapat kita lihat pada lampu indikatornya kita hanya perlu melihat terlebih dahulu kita colokkan kabel ke port yang ke berapakah yang kita gunakan, Jika kita menancapkan ke port 1 maka lampu indikator yg hidup adalah nomor 1 juga.
  • apabila problem pada hardware sudah tuntas, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengetesan jaringan dengan melakukan pengepingan dengan menggunakan Command Prompt. dengan cara  seperti berikut : Buka command prompt -> lalu ketikkan "ping_alamat ip/URL komputer yang ingin kita tuju. Misal : ping 192.168.2.2
  • apabila internet sudah ajtif dan pada saat pengepingan ad a jawaban,Tapi jika muncul jawaban "Destination host unreachable" maka itu berarti jaringan masih dalam tahap pencarian dan kita perlu menunggu sebentar. Dan apabila telah selesai,maka jaringan akan normal kembali
  • dan dengan otomatis kita dapat menggunakan internet kembali.

0 komentar:

Posting Komentar